Simak Tips Merawat Dan Mengganti Ban Mobil

Mengganti ban mobil adalah hal yang harus dilakukan pada setiap periode tertentu tergantung pemakaian dan kondisi jalan, ban akan cepat aus apabila kita sering berjalan pada kondisi jalan yang kasar permukaanya, berbatu dan tidak rata. Ban umumnya harus diganti setiap 60.000 km .

Bagaimana mendeteksi ban harus diganti atau sudah tidak layak pakai, caranya mudah perhatikan kembang ban dan diantaranya ada tonjolan yg lebih rendah, apabila tonjolan tersebut sudah rata dengan kembang ban maka ban tersebut wajib diganti.

Simak Tips Merawat Dan Mengganti Ban Mobil

Sebelum membeli ban sebaiknya periksa tanggal produksinya umumnya berada di bibir ban dekat velk dan setiap pabrikan ban mempunyai kode berbeda-beda dengan jumlah digit berbeda pula, contoh kode 1210 artinya diproduksi pada minggu ke 12 tahun 2010.

Ban memiliki kadaluarsa umumnya 3 tahun.

Ban baru sebaiknya dipasang pada roda belakang untuk menghindari oversteer ( ban belakang kehilangan fraksi, membuang atau selip pada kecepatan tinggi ketika memasuki jalan berliku atau tikungan, hal ini sulit dikoreksi atau diatasi pengemudi, berbeda dengan kondisi understeer (selip pada roda depan) dapat dengan mudah diatasi dan dikoreksi oleh pengemudi.

Apabila ban belakang sudah gundul dan terjadi oversteer DR OTO memberi tips sebagai berikut untuk mengatasinya :

1. Jangan melakukan pengereman mendadak karena mobil bisa lebih melintir.
2. Tekan pedal gas sedikit lebih dalam khusus untuk mobil penggerak depan sedangkan penggerak belakang sebaliknya.
3. Lakukan manuver dan counter steer agar kembali pada posisi semula.